Ternyata Sisi Kiri Wajah Lebih Bagus Untuk Selfie

Siapa di sini yang suka selfie? Rasanya rata-rata dari kita suka sekali selfie. Entah itu menggunakan pose apa saja. Bisa pose terbaiknya dan bisa juga pose seadanya, alias pose berantakan.

Tapi, coba deh perhatikan, rata-rata menampilkan wajah bagian mana ketika kita melakukan pose selfie. Ini untuk selfie yang terbaik ya, bukan selfie yang hancur banget. Rata-rata tuh, pose selfie terbaik berada pada sisi kiri wajah.

Nggak percaya? Coba deh lihat lagi lebih seksama, hihihi.

Hal ini sebenarnya menjadi pertanyaan bagi beberapa ilmuwan sih. Beberapa saja ya, bukan semuanya. Salah satu yang penasaran tingkat tinggi akan wajah kiri saat selfie adalah Annukka Lindell.

Perkenalan dulu ya. Si Annuka Lindell ini adalah dosen senior di bidang neuropsikologi eksperimental di La Trobe University, Melbourne. Jadi beliau menyelidiki pose selfie di Instagram dengan menggunakan hastag #selfie.

Jadi ceritanya ini, dia menganalisis 100 foto selfie terbaru yang dibagikan oleh 100 laki-laki maupun 100 perempuan. Jadi, ada sekitar 200 foto selfie yang diamati. Ini analisis atau stalking ya?

Nah, si Annuka Lindell mendapatkan 770 foto selfie atau sekitar 41% menampilkan sisi kiri wajah. Kemudian menampilkan sisi kana wajah sekitar 686 foto, dan juga 535 foto diambil dari depan.

Nah, masalahnya, hasil pengamatan alias stalking si doi ini bukan hanya dia saja yang menemukan. Bahkan, seorang ahli dari Wake Forest University di AS juga menganalisis wajah seseorang. Mereka mengukur dilatasi pupil yang menunjukkan apakah seseorang tertarik atau tidak.

Hasilnya sama amat. Dimana para partisipan lebih menyukai selfie yang menunjukkan pipi kiri daripada pipi kanan maupun depan.

Karena fenomena tersebut, para ahli menyebutkannya sebagai “left-side bias” atau disebut bias sisi kiri.

Oh ya, selain Lindell, ada juga si Tianyin Liu, dkk meneliti hal tersebut. Mereka malah memperhatikan karakter berdasarkan ilmu tradisional. Hoho, jadi ilmu pembacaan karakter secara tradisional ada di negara Cina. Ilmu tersebut merupakan warisan turun temurun.

Dan hasilnya, menunjukkan bahwa sisi kiri wajah merupakan pose terbaik untuk selfie. Banyak orang yang tertarik akan sisi kiri wajah ini, waw.

Referensi:

  • Hsiao et al. 2009 “Not All Visual Expertise Is Holistic, but It May Be Leftist: The Case of Chinese Character Recognition.” Psychological Science. 20 (4): 455.
  • Lindell, 2017, “Consistently Showing Your Best Side? Intra-individual Consistency in #Selfie Pose Orientation.” Frontiers in psychology. 8: 246.
  • Tianyin Liu, 2018, “Transfer of the left-side bias effect in perceptual expertise: The case of simplified and traditional Chinese character recognition.” Plos One. 13(4).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here