Senyawa Siklik dan Rumus Poligon

Senyawa seperti CH3 CH2 CH2 CH3 dikatakan mempunyai atom karbonnya yang saling berhubungan dalam satu rantai karbon. Salah satu kelebihan atom karbon yakni atom karbon dapat disatukan membentuk cincin atau membentuk rantai. Atom karbon yang bersatu sehingga membentuk cincin disebut senyawa siklik.

Struktur senyawa siklik biasanya dinyatakan dalam rumus poligon (segi banyak), yang merupakan rumus struktur yang terdapat pada cincin senyawa siklik. Misalkan, suatu segitiga digunakan untuk menyatakan cincin bergugus tiga. Sedangkan heksagon digunakan untuk cincin bergugus enam.

Senyawa siklik cincin segitiga dan heksagon

Dalam rumus poligon, satu sudut dinyatakan satu atom dengan atom hidrogennya dan sisi poligon menyatakan ikatan yang berhubungan karbon. Bila suatu atom atau gugus selain hidrogen terikat pada atom karbon dan cincinnya, maka jumlah atom hidrogen pada atom karbon tersebut berkurang.

Sisi poligon atom karbon dan hidrogen

Pada cincin senyawa siklik dapat mengandung atom lain selain atom karbon. Atom-atom tersebut dan setiap hidrogen yang terikat dinyatakan dalam rumus poligon. Ikatan rangkap dua juga harus digambarbarkan.

senyawa siklik dengan cincin atom karbon, hidrogen, dan atom/unsur lain