Pola Pikir yang Membuat Kita Sulit Mengatur Keuangan

Perencanaan keuangan itu sangat penting. Kalau gagal melakukan perencanaan keuangan, maka alamat sulitlah kehidupan kita. Misalkan uang 5.000.000 satu bulan sudah cukup jika perencanaan keuangan bagus. Namun, uang 5.000.000 tersebut bisa habis satu hari jika perencanaan keuangan buruk.

Apalagi bagi anak muda. Sayangnya sering sekali tidak melakukan perencanaan keuangan. Memang sih, pikiran anak muda tuh kebanyakan senang-senang. Jarang sih anak muda yang memikirkan hari kemudian, cenderung fokus kepada apa yang ada.

Jadi, selagi masih muda, jangan sampai pola pikir ini menghancurkan keuangan kita, okey …. 😀

1. Gaji Habis Nggak Masalah Kan ada Bulan Depan

Ketika menerima uang gaji, rasanya senang banget tuh. Rasanya perjuangan kita selama satu bulan terakhir dihargai. Apalagi melihat jumlah uang yang diterima lumayan untuk kehidupan tiga bulan ke depan.

Eh, tiba-tiba, belum sampai satu bulan, uang gajian tersebut habis. Loh, kok bisa? Kalau ditanya sih jawabannya kadang aneh. Memang kita tidak menyadari apa yang dilakukan terhadap tuh uang.

Biasanya ada tuh pola pikir, “Gaji habis nggak apa-apa, ada gaji bulan depan.” Iya kalau bulan depan nggak kena PHK, hehe. Sebaiknya pola pikir ini dibuang deh. Mumpung uang ada, lakukan perencanaan keuangan.

2. Lagi Promo Beli Barang Nggak Butuh

Promo tuh kadang memikat hati. Padahal nggak butuh pada tuh barang. Misal kita lagi berjalan santai di mall buat nenangin pikiran. Tiba-tiba mata tertuju pada sebuah promo. Baju, beli 1 gratis 2, harga mulai 50.000.

Otomatis mata akan gelap mata melihat promo tersebut. Lalu deh dibeli tuh baju. Setelah sampai di rumah, baru bingung baju itu mau diapain. Karena sudah banyak banget baju di rumah.

Jangan terlalu mudah tergiur sama promo, jangan!

3. Dikit-Dikit Beli Barang Baru

Dikit-dikit beli barang baru, waduh, banyak banget dong uang habis. Katanya sih untuk hadiah diri sendiri. Eits, itu pikiran yang mungkin mampu menghancurkan diri kita. Kalau untuk hadiah diri sendiri nggak begitu juga kali dilakukan. Kalau mau hadiah diri sendiri, maka lakukanlah yang mampu menyehatkan tubuh, baik fisik maupun rohani. Misal olahraga dan beribadah.

Sebaiknya, kalau mau membeli barang baru, belilah barang tersebut karena kebutuhan bukan karena keinginan. Baju sudah menumpuk tiga lemari, baju dua bulan lalu belum pernah dipakai, eh sudah beli baju baru lagi. Terus tuh baju tidak digunain lebih dari empat bulan, sayang.

4. Tidak Berinvestasi

Ini juga kesalahan yang sering banget dilakukan kawula muda. Padahal investasi tersebut banyak banget kegunaannya. Berinvestasi itu seperti menabung untuk hari esok. Tapi tabungannya bertambah mulu jumlah nominalnya, hehe tergantung juga sih.

Kalau zaman dulu mungkin berinvestasi itu mahal. Namun zaman sekarang ini, melakukan investasi nggak perlu mengeluarkan uang sampai ratusan juta. Cukup dengan ratusan ribu maka sudah bisa berinvestasi. Entah itu investasi emas maupun reksadana.

Nggak apa-apa investasi kecil-kecilan dulu tapi yang penting rutin. Lama-kelamaan akan banyak banget itu hasilnya nanti.

5. Merasa Bisa Mengatur Keuangan Tanpa Perencanaan

Ini juga yang sering banget dirasakan kawula muda. Perasaan bisa mengatur keuangan. Tidak butuh yang namanya perencanaan keuangan. Eh, tidak tahunya tidak bisa deh mengatur keuangan. Tiba-tiba uang habis entah kemana.

Memangnya seberapa sulit sih melakukan perencanaan keuangan? Tidak sulit sih, cuman banyak yang tidak melakukannya. Tapi ya … terkhusus perempuan ini. Waktu single sih sulit melakukan perencanaan keuangan. Tiba sudah menikah, berubah menjadi ahli melakukannya. Hehe, kadang kehidupan mengajari seseorang untuk menjadi lebih baik.

Jadi, jangan merasa bisa mengatur keuangan tanpa perencanaan.

Mengatur keuangan memang sulit-sulit gimana gitu. Kelihatan mudah tapi kenyataan sulit. Dirasa mampu bertahan hingga akhir bulan kenyataan tidak. Seharusnya sebagian keuangan bisa ditabung dan investasi tapi habis akhir bulan.

Sedini mungkin sebaiknya lakukan perencanaan keuangan. Jangan malas ya …. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here