Perlukah Belajar Membuat Video Menarik?

Video, itu merupakan sarana yang sangat umum digunakan zaman sekarang ini. Kalau zaman dulu, penggunaan video rasanya sulit banget. Jangankan membuat video, mendapatkan peralatan seperti kamera sulit banget dikarenakan memang harga yang mahal. Tapi zaman sekarang, hanya bermodalkan smartphone kelas entry level saja, sudah bisa membuat video. Kalau kita kreatif maka akan menghasilkan video yang bagus.

Video yang bagus akan ditonton oleh banyak orang. Kita juga kalau ada video yang bagus pastinya ingin sekali melihatnya bukan. Nah, bagaimana caranya membuat video yang bagus, itu yang menjadi pertanyaan.

Buat video yang bagus itu bukan sekadar rekam dan upload, ada proses editing di situ. Bahkan diberikan animasi atau efek khusus lagi. Hmm ….


Peralatan Sederhana Membuat Video

PERALATAN SEDERHANA

Pertama itu alat perekam. Kalau masih pemula gunakan smartphone. Apa gunanya smartphone kalau tidak digunakan secara maksimal, hehe. 🙂

Kedua tempat. Usahakan dong syuting di tempat cantik dipandang mata, terus memiliki cahaya yang cukup. Kenapa harus memikirkan cahaya? Karena akan menentukan cantik atau tidaknya si aktor/latar video. Kalau cahaya kurang, video yang dihasilkan akan gelap.

Ketiga, skrip, bahasa sederhananya gambaran sederhana mengenai video yang akan dibuat. Kalau untuk merekam, bukan hanya sekadar asal bicara saja. Ada sebuah cerita di dalamnya, bahkan ada sebuah pembelajaran yang akan diambil si penonton nantinya. Jangan dulu membuat skrip secara profesional, asal adanya dulu. Buat aja dulu di kertas selembar.

Keempat komputer/laptop, ini digunakan untuk mengedit video biar kelihatan lebih bagus. Smartphone juga bisa kok digunakan untuk mengedit.


Software Edit Video

operating system

Waduh, kalau mengenai software ini banyak banget. Bukan hanya satu saja, banyak banget software editing yang menawarkan segala kelebihan. Bahkan bisa membuat video sekelas film Hollywood. Secara garis besar, software editing ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu gratis dan bayar. 😀

Versi gratis:

  • Windows Movie Maker.
  • Lightworks.
  • OpenShot.
  • iMovie.
  • Shotcut.

Dengan segala kekurangan dari software gratis, kalau kita mampu menggunakannya secara maksimal dan kreatif, maka akan menghasilkan video yang indah.

Versi Berbayar:

  • Corel Video Studio Pro X7.
  • Adobe Premiere.
  • Sony Vegas Pro.
  • Camtasia.
  • Final Cut Pro.

Dengan segudang kelebihan dari software editing berbayar ini, jija ahli menggunakannya tentu menghasilkan video yang indah. Tentu saja membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni pula, hihihi. 😀

NB: Oh ya, banyak di antara kita menggunakan software editing berbayar tapi didapat secara gratis alias bajakan. Hanya dengan menggunakan crack yang bisa didapat dimana-mana, maka bisa mendapatkan software berbayar. Jangan gunakan itu, jangan! Itu termasuk pelanggaran terhadap penggunaan hak cipta.

Ketentuan pidana dalam pelanggaran terhadap penggunaan hak cipta tercantum dalam pasal 72 undang-undang hak cipta yang menyebutkan bahwa:

  • Pasal 72 ayat (1): melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud Pasal 2 ayat (2) denda minimal Rp.1 juta dan/atau pidana penjara minimal 1 bulan atau maksimal denda Rp. 5 miliar dan/atau pidana 7 tahun.
  • Pasal 72 ayat (2): mengedarkan atau menjual kepada umum suatu ciptaan hasil pelanggaran pidana maksimal 5 tahun dan/atau denda maksimal Rp. 500 juta.
  • Pasal 72 ayat (3): Individual end user dan corporate end user: 1. Perbanyakan secara ilegal; 2. Kepentingan komersial.

Motion Graphic

motion graphic

Motion Graphic terdiri dari 2 kata, yakni motion artinya gerak dan graphic artinya grafis. Jadi kalau diartikan sebagai grafis gerak, hahaha.

Secara sederhana, motion graphic itu adalah video pendek dengan efek animasi menakjubkan, yang di setiap pembukaan video. Nah, itu dia motion graphic.


Video Motion Graphic


“Itu kan animasi.”

Iya sih, kebanyakan orang awam sering menyebutnya dengan istilah animasi. Pokoknya apapun yang bergerak-gerak selain manusia pasti disebut dengan animasi, hehe saya juga gitu sih.

“Apa gunanya motion graphic?”

Pertama untuk membuat video yang bagus. Sudah kita pahami bersama, jika pembukaan video tersebut bagus maka kita akan melihat video tersebut sampai habis. Kalau pembukaanya tidak bagus, tidak akan dilihat, malas.

Bisa dibilang motion graphic sebagai pemanis. Tapi bukan berarti motion graphic tidak bisa menjadi video utuh. Banyak banget motion graphic yang menjadi video menakjubkan.


Video Motion Graphic dalam Film Kesatuan Utuh


Software Motion Graphic

SOFTWARE

Tentu saja kita butuh software motion graphic. Motion graphic bukan hanya dihasilkan oleh rekam dan upload saja. Ada editing di sana. Bahkan ada perencanaan desain grafis.

“Sulit banget dong.”

Kalau dilihat sekilas sih sulit. Namanya kita belum pernah mencoba. Tapi kalau sudah mencoba, tidak terasa sulit kok.

Versi gratis:

  • Blender
  • Explainer Video Toolkit
  • Whiteboard Animation Pack

Versi berbayar:

  • Adobe After Effects
  • Adobe Premiere Pro
  • Cinema 4D

Ingat ya! Jangan melakukan pembajakan!


Kursus Motion Graphic

study

Sekarang kita tahu betapa bergunanya video yang bagus. Bahkan kalau kita jeli memanfaatkan peluang, kita mampu membuat video tersebut untuk mengembangkan bisnis. Banyak perusahaan besar menggunakan motion graphic untuk beriklan.

Memang, untuk menguasai motion graphic tidak harus mengikuti kursus. Banyak orang / berhasil menguasai motion graphic bahkan sampai tingkat pro hanya dengan belajar otodidak, gratis lagi. Biasanya sih media pembelajaran dari blog, video, bahkan ebook gratis.

Tapi kelemahan dari pembelajaran otodidak ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan memiliki waktu luang yang banyak. Karena dalam belajar otodidak, kesalahan akan sering terjadi. Dan kemauan yang kuat, belajar otodidak itu kadang sesuai mood. 😀

Kalau malas belajar otodidak, maka ikuti kursus editing video. Salah satunya di DUMET School. Beberapa kelebihan kursus motion graphic di DUMET School, yakni:

  • Materi Motion Graphic dengan software After Effect
  • Akses untuk belajar di DUMET School sepuasnya sampai bisa dan memiliki hasil karya
  • Akses ke iLab (sistem pembelajaran yang bisa anda akses dimanapun dan kapanpun)
  • Bisa reseat (mengulang kelas) sepuasnya
  • Disupport seumur hidup dan gratis konsultasi selamanya
  • Sertifikat Motion Graphic dengan nomor izin diknas

Info lebih lanjut, silahkan kepoin di kursus video editing motion graphic DUMET School.


Penutup

Video sangat banyak manfaatnya. Memang sih, kerugian dari video juga banyak. Misalnya banyak video tidak pantas beredar di internet. Tapi, kita jangan fokus kepada kekurangan, tapi fokuslah ke hal positif yang didapat. Bahkan dalam video yang bagus, banyak sekali pembelajaran yang didapat. Termasuk pembelajaran mengenai sains.


Video Pembelajaran Sains


Manfaatkanlah teknologi sebaik-baiknya, jangan sia-siakan kesempatan dan waktu yang dimiliki untuk belajar hal yang bermanfaat.


Referensi

  • Acerid.com
  • Plimbi.com
  • Detik.com


Disclaimer

Blog post ini diikustsertakan dalam Kompetisi Blog dengan tema “Pentingnya Belajar Video Editing” dari DUMET School.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here