Penyebab Lain Penyakit Alzheimer Diderita Lansia

Pada saat usia lansia, maka lazim muncul beberapa penyakit. Salah satu penyakit yang sering diderita adalah Alzheimer. Apa itu penyakit Alzheimer? Singkatnya Alzheimer adalah ketidakmampuan seseorang dalam mengingat. Jadi gampang lupa banget. Bahkan, lebih parah, seseorang bisa lupa apa yang dia lakukan beberapa detik yang lalu.

Tentu saja terjadi secara alami, Alzheimer akan menyerang setiap lansia. Sudah waktunya untuk berpenyakit demikian. Ketika usia sudah lansia, tubuh mulai melemah.

Pada teori sebelumnya, penyebab Alzheimer dikarenakan protein beta amiloid yang mulai berkurang. Jadi di otak itu ada protein beta amiloid. Nah pada seseorang terkena Alzheimer, beta amiloidnya berkurang. Hal inilah terbentuk teori demikian.

Namun pada penelitian lebih lanjut, ternyata bukan dikarenakan protein Alzheimer. Pada sel otak, terdapat Plaques dan Tangles. Plaques adalah protein beta amiloid berbentuk gumpalan dan terletak di neuron. Tangles berbentuk fiber pada sel otak.

Nah pada neuron terdapat sel lisosom. Apa kegunaan dari sel lisosom ini? Kegunaan dari sel lisosom pada otak ternyata sebagai penampungan setiap informasi. Seperti sebuah data di internet, maka server sebagai penampungan data sebelum didistribusikan. Atau kalau di industri, gudang adalah penampungan barang sebelum didistribusikan. Nah, gudang, server itulah lisosom pada sel otak.

Kelemahan dari lisosom ini adalah sel tersebut ketika rusak, maka akan sulit untuk diperbaiki. Perlu beberapa waktu untuk memperbaikinya. Lebih lanjut, ketika usia lansia, maka akan sangat sulit lisosom untuk memperbaiki diri.

Sehingga ketika dilihat jumlah lisosom pada seorang Alzheimer, akan terlihat sedikit sekali jumlah yang bagus. Sebagian besar sudah rusak dan tidak diperbaiki. Seperti sampah metal yang tidak bisa lagi digunakan, dan itu menumpuk.

Sehingga, salah satu penyebab Alzheimer dapat disimpulkan karena banyaknya lisosom yang rusak. Jika dibayangkan, ketika produsen makanan ingin mendistribusikan makanan ke toko. Ketika gudang penyimpanan rusak, maka pendistribusian terganggu. Ketika server rusak, maka akan banyak informasi yang hilang.

Referensi:
Tyler R. Lambeth, Dylan L. Riggs, Lance E. Talbert, Jin Tang, Emily Coburn, Amrik S. Kang, Jessica Noll, Catherine Augello, Byron D. Ford, Ryan R. Julian. 2019. Spontaneous Isomerization of Long-Lived Proteins Provides a Molecular Mechanism for the Lysosomal Failure Observed in Alzheimer’s Disease. ACS Central Science; DOI: 10.1021/acscentsci.9b00369