Penggunaan Cahaya Biru Mempercepat Penuaan

Cahaya biru ini ada di setiap gadget saat ini. Baik itu di laptop, smartphone, PC, televisi. Gunanya cahaya biru salah satunya menampilkan warna agar tampak lebih realistic dan mengagumkan.

Namun sebuah studi di Oregon State University memberikan fakta yang cukup mencengangkan. Mungkin ini salah satu sebab kenapa manusia zaman sekarang ini cepat sekali kelihatan tua, padahal umurnya masih muda.

Jadi, dilakukan beberapa partisipan dengan selama dua puluh empat jam bermain gadget dengan cahaya biru. Jadi pemeriksaan dilakukan dua kali, pertama setelah dua belas jam ketika siang hari dan kedua dua belas jam di malam hari.

Hasilnya, ada beberapa partisipan yang rusak pada retina mata. Karena memang sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa cahaya gadget mampu merusak retina mata. Namun itu hanya sebagian kecil kasus saja.

Kebanyakan kasus menyebabkan gen para partisipan cepat sekali rusak. Ketika gen manusia rusak, maka akan sulit sekali untuk diperbaiki. Semakin tua umur seseorang maka gennya makin mudah rusak dan sulit diperbaiki. Sangat banyak sekali gen yang rusak, hal ini menyebabkan penuaan dini semakin cepat.

Maka sebaiknya bijaklah menggunakan gadget. Jangan sampai menggunakan gadget seharian penuh tanpa ada istirahat.

Referensi:
Trevor R. Nash, Eileen S. Chow, Alexander D. Law, Samuel D. Fu, Elzbieta Fuszara, Aleksandra Bilska, Piotr Bebas, Doris Kretzschmar & Jadwiga M. Giebultowicz. 2019. Daily blue-light exposure shortens lifespan and causes brain neurodegeneration in Drosophila. npj Aging and Mechanisms of Disease, DOI: 10.1038/s41514-019-0038-6