Penggunaan Antibiotik Mampu Meningkatkan Resiko Jantung

Penggunaan antibiotik nampaknya telah umum digunakan dalam kesehatan. Sering kali melihat praktisi kesehatan menambahkan resep antibiotik. Antibiotik mampu untuk menghancurkan bakteri jahat yang ada dalam tubuh.

Penggunaan antibiotik pun seperti obat dewa. Apapun penyakitnya, maka pertolongan pertama yang diberikan adalah antibiotik. Walaupun antibiotik mampu menghancurkan bakteri jahat, yang nyatanya memang menyembuhkan hampir segala penyakit, tapi antibiotik mampu meningkatkan resiko jantung.

Hal inilah yang menjadi topik penelitian ilmuwan. Para ilmuwan meneliti dampak antibiotik terhadap serangan jantung. Antibiotik yang digunakan adalah fluoroquinolones, amoxicillin, dan azithromycin.

Hasil yang didapat membuktikan bahwa antibiotik mampu mempengaruhi pembesaran pada aorta dan mitral. Seperti yang diketahui, pembesaran aorta merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung.

Di antara antibiotik fluoroquinolones, amoxicillin, dan azithromycin, ternyata antibiotik fluoroquinolones 2,4 kali lebih mampu meningkatkan pembesaran aorta dan mitral. Sedangkan, antibiotik fluoroquinolones sangat sering direkomendasikan oleh pakar kesehatan.

Dengan demikian didapat kesimpulan bahwa penggunaan antibiotik mampu meningkatkan serangan jantung. Sekiranya, diharapkan lebih bijak dalam penggunaan antibiotik.

Referensi:
Mahyar Etminan, Mohit Sodhi, Saeed Ganjizadeh-Zavareh, Bruce Carleton, Abbas Kezouh, James M. Brophy. 2019. Oral Fluoroquinolones and Risk of Mitral and Aortic Regurgitation. Journal of the American College of Cardiology. 74 (11): 1444 DOI: 10.1016/j.jacc.2019.07.035