Apakah Benar Pelajaran Sastra Tidak Berguna?

Entah kenapa di bangku sekolah pelajaran sastra dipandang sebelah mata. Seolah-olah itu hanyalah pelajaran pelengkap saja. Padahal, pelajaran sastra itu sangat penting. Tidak semua siswa ahli dalam berhitung. Fenomena di bangku sekolah, yang diperhatikan adalah siswa yang ahli dalam berhitung, apalagi pada matematika. Pelajaran lain? Seperti menghafal? Tidak dipandang sama sekali. Bahkan kalau dipandang, hanya… Continue reading

7 Hal Yang Benar Dialami anak Rumahan

Anak rumahan, entah kenapa nyaman gitu suasana rumah. Dimana orang lain rumah adalah tempat untuk istirahat, selain itu, refreshing misalnya mencari di luar rumah. Tapi anak rumahan, refreshing terbaik adalah rumah. Bahkan nih, kalau ada acara untuk meninggalkan rumah rasanya berat sekali. Magnet untuk tetap tinggal di rumah terlalu besar. Kalau misalnya terpaksa meninggalkan rumah,… Continue reading

Cara Menentukan Suasana Asam dan Basa Reaksi Redoks

Cara Menentukan Suasana Asam dan Basa Reaksi Redoks Nah ini yang menjadi banyak pertanyaan. Bagaimana menentukan suasana asam dan basa pada reaksi redoks. Caranya sih nggak segampang yang dikira dong, tidak seperti pada reaksi biasa. Kalau pada reaksi biasa, cara sederhananya untuk melihat asam dan basa, kalau: Asam itu ada mengandung H, misalnya: H2SO4, HCl,… Continue reading

Lupakan Sejenak Masalah Revisi Skripsi

Ketika mendapat revisi skripsi dari dosen pembimbing, apalagi tuh revisinya kelihatan banyak, bakal stress. Padahal, inginnya skripsi lancar saja tanpa adanya revisi. Si dosen pembimbing senang, kita pun senang. Tapi, skripsi tanpa revisi itu jarang banget. Kecuali kalau memang si dosen tidak peduli. Kalau itu mah revisi tidak akan ada. Selama si dosen peduli dengan… Continue reading

Penyetaraan Reaksi Redoks pada Suasana Normal

Apa maksud di sini suasana normal? Suasana normal itu adalah dimana suasananya tidak asam maupun basa. “Loh kok bisa?” Iya, jadi suasana tersebut tidak asam maupun basa tapi tetap dinamakan dengan reaksi redoks karena ada oksidasi maupun reduksi pada reaksi tersebut. “Contohnya apaan?” Nah, perhatikan reaksi di bawah ini: Cu+ + Fe → Fe3+ + Cu Kalau… Continue reading

5 Hal Yang Dilakukan Ketika Mendapat Revisi Skripsi

Menulis skripsi itu tidak mudah. Banyak sekali tantangan yang harus dilewati. Mulai dari melawan malas hingga melawan rajin. Bahkan, butuh banyak pengorbanan agar bisa selesai, seperti pengorbanan waktu bermain. Namun, skripsi itu tidak pernah lepas yang namanya revisi. Itu tandanya si dosen peduli dengan nasib skripsi kita. Kalau si dosen tidak peduli, tidak ada tuh… Continue reading

Ketika Kuliah Merasa Memilih Salah Jurusan

Kehidupan perkuliahan itu penuh warna. Ada merasa senang banget akan perkuliahan. Seolah perkuliahan itu adalah hal yang sangat diminati. Ada dengan perkuliahan penuh pengalaman. Betapa banyak pengalaman yang dapat diambil. Ada juga yang merasa tertekan. Mereka yang tertekan adalah ketika merasa salah jurusan. Kenapa sih bisa merasa salah jurusan? Ya … kemungkinan besar karena terasa… Continue reading

Perbandingan Penyetaraan Reaksi Redoks Setengah Reaksi dan Biloks

Perbandingan Penyetaraan Reaksi Redoks Setengah Reaksi dan Biloks Hai hai hai, sudah tahu bukan penyetaraan reaksi redoks metode setengah reaksi dan biloks? Jadi, kan ada dua teknik untuk menyetarakan reaksi redoks. Oh … tunggu dulu! Sudah tahu belum pengertian reaksi redoks? Jadinya nih, reaksi redoks itu adalah: Reaksi redoks adalah reaksi oksidasi dan reduksi. Reaksi… Continue reading

Pembuatan Formic Acid dari CO2 Rumah Kaca

Pembuatan formic acid membutuhkan CO2 yang jumlahnya lumayan banyak. Secara tradisional, formic acid dibuat dengan alat khusus dengan CO2 sebagai bahan bakar. Artinya, tanpa CO2, maka formic acid tidak akan terbuat. Formic acid memiliki banyak kegunaan. Seperti untuk bahan obat, karet, koagulan, tekstil, percetakan, elektropolating, bahan baku kimia organik, dll. Intinya formic acid banyak dibutuhkan,… Continue reading

Di Saat Belajar Keras Serasa Tiada Berguna

Secara teori dan fakta kebanyakan di lapangan, orang yang belajar keras akan menjadi ahli. Seseorang ahli matematika tidak langsung ahli. Ada di mana dia tidak mengetahui sedikitpun matematika, namun dia belajar keras hingga menjadi ahli. Banyak banget motivasi yang diberikan mengenai belajar keras. Karena memang buktinya sudah di depan mata. Orang yang jenius sekalipun akan… Continue reading