Olahraga Memang Bermanfaat dan Mampu Menyehatkan Tapi ….

Sudah tidak dipungkiri lagi, olahraga mampu menyehatkan tubuh. Banyak penelitian yang membuktikan kalau olahraga menyehatkan. Olahraga itu bukan sekadar membuat badan capek dan pegal.

Olahraga juga bukan sekadar mempercepat kinerja jantung dua kali lipat. Tidak demikian. Namun olahraga membutuhkan gerakan seluruh tubuh, sehingga bukan satu bagian tubuh saja yang sehat, namun seluruh tubuh juga sehat.

Banyak orang suka berolahraga, namun, kalau diperhatikan, hanya sedikit orang yang mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut. Olahraga membuat badan atletis tapi nyatanya malah bikin gemuk. Olahraga mampu membuat stamina menjadi kuat tapi nyatanya tidak ada perkembangan sama sekali. Olahraga mampu membuat badan tahan banting tapi yang ada adalah pegal yang tak pernah berhenti.

Berarti ….

Ada yang salah dalam olahraga yang kita lakukan. Kan percuma demikian, sudah olahraga capek-capek tapi tidak ada hasil yang bermanfaat.

1. Tidak Pemanasan

Ini sering banget kita lihat di kehidupan sehari-hari. Misal mau berenang. Apa salahnya kek lakukan pemanasan, melakukan peregangan kaki dan tangan. Agar tidak terkejut nanti badan di dalam air.

Ini yang ada langsung cebur. Setelah itu mulai berenang gaya katak, bebas, punggung, hingga gaya batu. Akhirnya, yang ada setelah berenang bukan manfaat, tapi tangan dan kaki yang sangat pegal.

Kenapa? Karena tubuh belum siap untuk bekerja keras. Seperti kita, ketika kita akan melakukan kerja keras, misalnya mengangkat beban 30 kg, ada persiapan yang harus dilakukan. Mulai mengatur nafas, menimbang-nimbang pelan terlebih dahulu, mencari tempat yang tidak licin, baru deh diangkat.

2. Olahraga 15% Lainnya 85%

Olahraga sih olahraga tapi olahraga hanya sebentar saja. Berlari hanya 15 menit saja. Setelah itu, jalan-jalan pelan banget, pergi ke sana ke mari, sasaran adalah makanan dan minuman di tempat olahraga.

Ini mah sama saja olahraga bohongan. Tidak ada yang namanya olahraga. Oke, 15 menit sebelumnya olahraga, tapi hanya olahraga biasa saja. Jantung pun tidak bekerja maksimal. Setelah itu, nggak olahraga sama sekali.

Habis melakukan kegiatan itu memang kaki pegal. Jalan berjam-jam tentu membuat kaki pegal. Cuman, pegal saja yang dapat, kaki menjadi kuat tidak akan dapat.

3. Olahraga Menghabiskan 300 Kalori lalu Makan 900 Kalori

Siapa sih yang merasa setelah olahraga nggak lapar? Bohong tuh. Yang ada habis olahraga tuh lapar banget. Yang mau gimana lagi, lemak telah disapu habis sehabis olahraga. Tubuh kekurangan lemak. Yang seharusnya bagus sih, tapi kita kadang tidak menahan diri.

Seharusnya, ketika habis olahraga, lapar, makan sampai kenyang saja. Jangan berlebihan. Ini yang ada, makan berlebihan. Alasannya habis olahraga lapar. Lalu apa yang terjadi? Terjadilah keanehan. Seharusnya olahraga rutin itu membuat badan atletis ini mah kok membuat badan penuh timbunan lemak.

Ehm … biasanya tuh, di tempat olahraga juga banyak dijajakan makanan yang mengunggah selera. Kalau kita kalah, bakal habis tuh satu harian itu makan saja.

4. Olahraga Sih tapi Tidak Rutin

Ingin perut six pack, terus pergi ke gym atau lihat di internet/majalah cara buat perut six pack. Si pelatih sudah ada (di tempat gym) atau tutorial buat perut six pack.

Satu dua kali latihan masih semangat. Dan … tentu saja belum ada efek yang muncul. Yang ada hanyalah pegal otot perut. Perut six pack? Hah, belum muncul sama sekali. Malah masih zero pack.

Empat lima enam kali latihan mulai deh malas-malasan Datang ke gym enggak atau olahraga malas. Mulai deh porsi latihan dipangkas ke hal yang membuat perut semakin zero, alias hangout, makan, ngemil, dll.

Olahraga sih olahraga tapi nggak rutin, sama saja tidak ada hasilnya. Olahraga itu menyehatkan jantung, tapi kalau rutin. Cukup rutin olahraga satu kali seminggu selama tiga puluh menit. Badan yang ideal dan tubuh sehat bakal didapat.

5. Tidak Melakukan Pendinginan

Olahraga itu membuat tubuh panas, karena tubuh bekerja dua kali lipat. Terus, setelah olahraga, makan atau nggak tidur, atau nggak santai saja gitu? Tidak juga dong. Lakukanlah pendinginan.

Apa itu pendinginan? Ya … sederhananya melakukan peregangan, tapi peregangan yang ringan, tidak seperti di pemanasan. Tujuannya, untuk mempersiapkan tubuh. Jadi gini loh, ketika melihat besi yang panas banget habis dibakar, terus langsung dimasukkan ke dalam air? Kalau dimasukkan langsung ke dalam air, besi tersebut cepat rusak. Ditunggu dulu beberapa jam baru dicelupin ke air.

Banyak dari kita yang tidak menyadari beberapa kesalahan olahraga di atas. Padahal dampaknya bisa fatal. Olahraga sih boleh asal: lakukan pemanasan, fokus olahraga, nggak makan banyak sehabis olahraga, olahraga rutin, dan lakukan pendinginan. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here