Mungkinkah Guru Digantikan dengan Robot?

Mungkinkah guru bisa digantikan dengan robot? Mungkin saat ini memang tidak mungkin. Tapi bagaimana dengan masa depan? Mengingat teknologi robot sudah mulai mendominasi di ranah industri. Apalagi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang semakin canggih.

Namun tidak mungkin robot mampu menggantikan guru. Di Cina telah melakukan uji coba terhadap demikian. Uji coba dilakukan pada sekolah TK, anak-anak selama waktu tertentu diberi pengajaran oleh robot. Memang sih, robot ini tidak canggih-canggih banget. Hasilnya memang meningkatkan kemampuan anak, tapi tidak signifikan. Di MIT University juga melakukan penelitian demikian. Hasilnya memang meningkatkan kemampuan anak, tapi tidak signifikan.

Apa yang kurang dari robot guru? Kalau dari segi pengetahuan, mungkin robot guru menang dari robot manusia. Yang kurang adalah emosional. Dalam hal proses belajar mengajar, perlu yang namanya kedekatan emosional untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran.

Anak-anak itu cerdas tergantung gurunya. Jika sang guru mampu memberikan motivasi dan kedekatan terhadap anak, maka anak tersebut akan mengikuti gurunya. Jika si guru Biologi mampu menarik perhatian anak, maka si anak akan menjadi ahli Biologi juga di masa depan nanti.

Kesimpulannya, mungkin sekarang guru robot tidak begitu memberikan pengaruh signifikan. Tapi tidak tahu akan masa depan nanti. Dimana kecanggihan teknologi sudah semakin maju. Mungkin guru robot semakin mendominasi.

Tidak bisa dipungkiri lagi dimana kecanggihan teknologi mampu mengubah gaya belajar dan mengajar. Seperti contoh, dulu mungkin membutuhkan buku untuk menunjang proses belajar mengajar. Maka tidak jarang banyak sekali orang yang berkunjung di perpustakaan. Namun zaman sekarang, dengan teknologi e-book yang semakin canggih, maka kehadiran buku semakin tergerus. Perpustakaan pun bukan sebagai pilihan untuk mencari referensi buku.