4 Langkah Mewujudkan Resolusi Finansial Anda

Apakah Anda telah menetapkan resolusi Anda untuk tahun baru ini? Seberapa lama Anda bertahan demi mewujudkan komitmen Anda. Satu bulan, dua bulan, atau tiga bulan? Menurut penelitian di Amerika, 88% resolusi tahun baru gagal di wujudkan. Apakah Anda ingin resolusi Anda gagal juga. Maka ada beberapa langkah mewujudkan resolusi finansial Anda.

Apa itu resolusi? Resolusi adalah perencanaan untuk mengubah sesuatu (diambil dari alam pikiran saya). Perlukah sebuah resolusi? Terkhusus resolusi finansial? Hmm … menurut saya itu sangat perlu, apalagi jika Anda ingin mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

Tanpa mempersingkat kata, berikut 4 langkah mewujudkan resolusi finansial Anda.

1. Tentukan Pengeluaran Anda

Yap benar sekali. Pertama adalah tentukan pengeluaran Anda selama satu tahun ke depan. Usahakan pengeluaran yang sehemat mungkin. Jika memang perlu untuk dikeluarkan, seperti kebutuhan pokok ya keluarkan. Tapi yang kurang perlu, seperti bertamasya seminggu sekali, sebaiknya dikurangi ya hehe.

Mengapa Anda mencatat pengeluaran Anda? Hal ini dibutuhkan untuk memberikan gambaran seberapa banyak resolusi finansial yang ingin Anda wujudkan. Anda tentunya tidak ingin kan, hanya sebatas resolusi tapi ketika berusaha diwujudkan terkesan mustahil.

2. Membayar Tagihan atau Utang Anda

Resolusi finansial tidak akan terwujud selama Anda masih terbelit tagihan atau utang. Kenapa? Karena hal tersebut akan terus menguras keuangan Anda tanpa kenal ampun. Jadi, sebisa mungkin mulailah melunasinya. Kalau tidak bisa, usahakan memperkecil jumlahnya.

Hal ini untuk menghindari adanya lonjakan finansial yang secara tiba-tiba. Ya … Anda tahulah, terkadang kita lupa dengan tagihan atau hutang. Eh … tiba-tiba ada pemberitahuan.

3. Menabung Untuk Dana Darurat

Yang namanya darurat itu pasti ada-ada saja. Tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Maka usahakan Anda membangun dana darurat. Dana tersebut haruslah sangat besar, kalau bisa sebesar tiga bulan gaji Anda.

Kenapa? Hal tersebut untuk mengurangi kemungkinan hancurnya resolusi finansial Anda. Jika Anda tidak menabung dana darurat, misal Anda sakit keras. Jika Anda tidak menabung dana darurat, terpaksa dana resolusi finansial Anda gunakan.

4. Mulailah Berinvestasi

Investasi itu adalah dana jangka panjang. Memang tidak terlihat untuk waktu yang pendek. Tapi waktu yang amat panjang. Hehe jangan lupa investasi akhirat juga ya, infak dan zakat.

Anda boleh memilih investasi saham, reksa dana, deposite, emas, atau properti. Yang mana Anda suka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here