Material β-Cu2O5 dalam Teknologi Masa Depan

Kecepatan processor komputer untuk saat ini memang cepat, namun ada kendala jika diprediksi di masa depan. Akan adanya teknologi tersebut akan berhenti, sedangkan kebutuhan akan teknologi tersebut semakin dibutuhkan. Misalnya, kemampuan processor sudah di batas maksimal nih, sedangkan kebutuhan processor yang lebih cepat semakin dibutuhkan di masa yang akan datang.

Hal inilah yang menjadi pertanyaan di beberapa peneliti. Untuk saat ini memang processor sebagian besar menggunakan teknologi nano. Namun, butuh alternatif lain yang kecepatannya lebih cepat di masa yang akan datang.

Otak manusia adalah ciptaan yang tiada tara. Mungkin kita merasa processor komputer sudah sangat cepat. Mungkin ada beberapa yang beranggapan kalau processor komputer mampu mengalahkan otak manusia. Tapi kenyataannya tidak demikian. Kemampuan otak manusia itu sangat canggih, berjuta-juta kali lebih hebat dibandingkan komputer. Hanya saja, sedikit sekali potensi otak yang kita gunakan, malas belajar sih.

Peneliti mulai mempelajari otak manusia. Bagaimana kinerja otak diimplementasikan dengan teknologi dengan harapan ditemukan teknologi dengan kemampuan hampir sama dengan otak. Beberapa percobaan dilakukan, dan akhir-akhir ini ditemukan sebuah alternatif baru.

Material β-Cu2O5 adalah material yang menjadi pusat penelitian. Akhir-akhir ini ditemukan bahwa material β-Cu2O5 memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan otak, dalam pergerakan elektron. Maka dimulailah beberapa eksperimen, melalui eksperimen panas maupun pengaliran aliran listrik.

Ketika diperhatikan melalui pergerakan ion, diperlihatkan bahwa material β-Cu2O5 memiliki pergerakan yang sama dengan neuron yang ada di otak kita.

Hal ini tentu menjadi berita gembira. Material β-Cu2O5 diketahui material yang mampu menyimpan memori melalui pergerakan ion dengan sangat cepat. Dan juga, pergerakan ion tersebut hampir sama dengan pergerakan ion yang ada di otak. Hal ini menjadi tonggak penting bagi perkembangan ke depan.

Referensi:
Abhishek Parija, Joseph V. Handy, Justin L. Andrews, Jinpeng Wu, Linda Wangoh, Sujay Singh, Chris Jozwiak, Aaron Bostwick, Eli Rotenberg, Wanli Yang, Sirine C. Fakra, Mohammed Al-Hashimi, G. Sambandamurthy, Louis F.J. Piper, R. Stanley Williams, David Prendergast, Sarbajit Banerjee. 2020. Metal-Insulator Transitions in β’-CuxV2O5 Mediated by Polaron Oscillation and Cation Shuttling. Matter, DOI: 10.1016/j.matt.2020.01.027