Lemak, Kalori, dan Gula Berlebih Meningkatkan Hormon Dophamine

Banyak pengakuan orang mengenai kalau banyak makan membuat dia senang. Apapun makanannya, asalkan yang lemak nya banyak, kalori banyak, ataupun gula yang banyak, maka akan membuat dia senang. Padahal makanan dengan lemak, kalori, ataupun gula dengan jumlah berlebihan itu sangat tidak baik. Lemak, kalori, ataupun gula berlebih setidaknya mampu membawa penyakit serangan jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit berbahaya lainnya.

Sebenarnya kenapa banyak orang yang merasakan senang apabila makan dengan lemak, kalori, ataupun gula berlebih? Ternyata sebuah studi menemukan makanan dengan lemak, kalori, ataupun gula berlebih mampu meningkatkan produksi hormon dophamine.

Apa itu hormon dophamine? Hormon dophamine adalah hormon yang mengatur kesenangan, ketenangan, kebahagiaan seseorang. Singkatnya, hormon dophamine adalah hormon bahagia. Jika seseorang bahagia, maka otomatis akan memproduksi hormon dophamine.

Jadi singkatnya, makanan dengan lemak, kalori, ataupun gula berlebih mampu meningkatkan produksi hormon dophamine, yang artinya membuat seseorang merasa tenang, bahagia, lepas dari stress, dll. Maka tidak heran jika banyak sekali orang jika dia stress maka kerjanya makan mulu. Entah itu coklat, ice cream, vanilla, dan makanan lainnya. Ataupun kalau seseorang merasa senang, maka akan makan-makanan yang banyak lemak, kalori, ataupun gula.

Dan satu lagi fakta yang mencengangkan. Jika seseorang makan dengan lemak, kalori, ataupun gula berlebih di waktu istirahat, terlebih di malam hari, maka tubuh akan sangat banyak memproduksi hormon dophamine, lebih banyak di waktu lainnya. Hmm … tidak heran ya kenapa banyak orang yang suka sekali makan di malam hari. Berarti, kalau makan di malam hari akan meningkatkan kesenangan.

Walaupun demikian, sebaiknya jangan fokus terhadap hormon dophamine saja. Fakta lainnya, makanan dengan lemak, kalori, ataupun gula berlebih akan menyebabkan banyak penyakit. Maka sebaiknya lakukanlah kontrol terhadap makanan. Boleh makan makanan dengan lemak, kalori, ataupun gula berlebih, tapi sebaiknya jangan terlalu sering. Kalau terlalu sering itu namanya tidak sehat.

Sebaiknya barengi juga dengan olahraga agar lemak, kalori, atau gula yang menumpuk di dalam tubuh akan dikeluarkan.

Referensi:
Ryan M. Grippo, Qijun Tang, Qi Zhang, Sean R. Chadwick, Yingnan Gao, Everett B. Altherr, Laura Sipe, Aarti M. Purohit, Nidhi M. Purohit, Meghana D. Sunkara, Krystyna J. Cios, Michael Sidikpramana, Anthony J. Spano, John N. Campbell, Andrew D. Steele, Jay Hirsh, Christopher D. Deppmann, Martin Wu, Michael M. Scott, Ali D. Güler. 2020. Dopamine Signaling in the Suprachiasmatic Nucleus Enables Weight Gain Associated with Hedonic Feeding. Current Biology; DOI: 10.1016/j.cub.2019.11.029