Kenapa Tubuh Malah Menggigil Ketika Demam?

Ketika demam, suhu tubuh meningkat dari biasanya. Biasanya suhu tubuh berkisar 36oC namun ketika demam malah 38oC. Hal ini menandakan kalau ada yang salah pada tubuh kita.

Sudah tahu kan kalau pada saat demam itu, tubuh berusaha melawan bakteri ataupun virus yang masuk ke dalam tubuh. Itu tuh kerjanya si thermostat, dia yang bertanggung jawab masalah suhu tubuh.

Jadi, kalau tubuh sedang demam, itu tandanya tubuh sedang berjuang keras melawan bakteri maupun virus. Sepanjang demamnya tidak terlalu tinggi sih tidak masalah. Kalau demam sudah terlalu tinggi dan melebihi 3 hari, sebaiknya dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Nah masalahnya di sini untuk si sakit nih. Pada saat kepanasan, kenapa rasanya tubuh kedinginan. Seperti tidak sinkron gitu, seharusnya suhu tubuh meningkat ya kepanasan dong rasanya tubuh. Ini malah kedinginan.

Ada yang pernah memikirkan itu nggak?

“Nggak, nggak pernah. Memang perlu dipikirkan?”

Ye … kalau jawaban macam ini sih rasanya bikin gimana … gitu. Gemes deh lihat anak dengan jawaban seperti itu. Ingin dicubit tuh pipinya.

Jadi gini ya, ketika tubuh kemasukan bakteri atau virus maka si thermostat akan menaikkan suhu tubuh. Nah, masalahnya untuk menaikkan suhu tubuh itu secara drastis tidak gampang banget.

Nah sih thermostat melakukan segala cara. Termasuk membuat otot mengalami kontraksi berulang-ulang dengan tujuan meningkatkan suhu tubuh. Reaksi tersebut mengakibatkan tubuh menggigil.

Jadi, wajar dong kalau demam tuh menggigil. Jadi, menggigilnya si sakit bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh.

Iya sih, nggak enak banget rasanya menggigil pada saat demam. Padahal kan tujuannya baik. Tapi, yasudah di usahakan sabar ya. Jangan lupa pula, kalau demam itu banyak minum air putih.

Kenapa?

Jawaban simpelnya, tubuh kan panas banget. Berarti tubuh butuh pendingin dong. Kalau terlalu panas, nanti tubuh bakal rusak. Nah, untuk mendinginkan tubuh dibutuhkan air putih. Makanya sangat dianjurkan banyak minum air putih ketika demam.

Jadi, kalau demam, banyak minum air putih, jangan malas ya ….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here