Jangan Lupa Untuk Mengucapkan Terimakasih

Tahukah kamu kalau ucapan terimakasih itu memberikan seribu makna yang nyatanya makna tersebut berupa positif. Bisa memberikan senyuman, semangat, kehangatan, kasih sayang, dan hal positif lainnya.

Ucapan terimakasih memang singkat. Hanyalah satu atau dua kata saja. Namun, kata tersebut terkadang jarang kita dengar. Padahal kalau dipikir-pikir mengucapkan terimakasih tidaklah sulit, tapi kenapa hanya sedikit kata terimakasih didengar?

Bayangkan ketika kamu sedang bekerja keras. Atasanmu hanya melihat kamu tanpa sepatah kata. Lalu hari pun berlalu sendirinya. Keesokan harinya bekerja lagi dan atasanmu melihatmu. Tapi bayangkan ketika kamu bekerja keras, atasanmu tersenyum dan mengucapkan terimakasih. Ada sebuah magnet kebahagiaan yang timbul di dalam dada.

1. Terimakasih Memberi Senyuman

sound icon

Walaupun sederhana, tapi mampu memberikan senyuman, senyuman yang manis dan tulus. Senyuman tersebut kadang tidak bisa disembunyikan. Mungkin senyuman yang termasuk tulus diperlihatkan.

Ketika kamu dan pasangan halal kamu. Kamu sudah bekerja keras demi kebutuhan rumah tangga. Pergi pagi lalu pulang malam, begitu kegiatannya setiap harinya. Begitu melelahkan memang, tapi demi rumah tangga yang sejahtera, kehidupan tersebut dilalui.

Suatu hari, pasangan halalmu berucap, “Terimakasih.” Apa yang kamu rasakan? Rasanya seolah semua penat yang ada di pundak ini langsung hilang bersama dengan senyuman manis. Ada rasa bahagia ketika ucapan terimakasih tersebut.

Kamu yang bekerja keras di sebuah kantor. Lalu atasanmu berucap terimakasih atas kerja kerasnya. Hal tersebut mampu membuat kamu tersebut. Apalagi kalau mengucapkan adalah si doi, ehem….

Sederhana tapi memberi senyuman.

2. Terimakasih Memberi Semangat

sound icon

Hal ini pernah saya rasakan. Suatu ketika saya bekerja mencapai titik jenuh. Tidak tahu lagi apakah saya harus berhenti atau tidak. Kalau berhenti, tentu saya harus memikirkan banyak kemungkinan. Secara penghasilan saya akan terhenti. Kalau saya terus melanjutkan pekerjaan ini, rasanya jenuh banget. Rasa ingin mengakhiri pekerjaan begitu besar, sampai-sampai terbawa mimpi. Pekerjaan bukan lagi hal yang menyenangkan tapi menyakitkan.

Suatu saat, tiba-tiba ada seorang anak, dia mendatangi saya dengan muka polosnya. Dia tersebut sambil berucap, “Terimakasih,” atas segala kerja keras saya. Seketika itu pula timbul rasa semangat berapi-api. Rasanya sebuah kata tersebut merupakan cambuk yang mampu memberikan dorongan jutaan kali dibandingkan jutaan motivasi.

Dan sejak saat itu jenuh itupun hilang, digantikan dengan semangat menggebu-gebu. Pekerjaan saya memang terlihat biasa saja. Tapi melihat beberapa orang mengucapkan terimakasih, rasanya senang banget.

Hanya sebuah kata sederhana tapi memberikan semangat. Mungkin, kamu juga pernah mengalaminya. Ucapan terimakasih yang mampu menyihir.

3. Terimakasih Memberi Kehangatan

sound icon

Seperti teh hangat di pagi hari, memberikan kehangatan. Kehangatan tersebut begitu nyaman. Itulah ucapan terimakasih dari seseorang. Ucapan tersebut memberikan sebuah kehangatan yang tidak bisa diucapkan.

Ucapan terimakasih dari seorang sahabat itu sangat berarti. Terimakasih telah menjadi sahabatku selama ini, hal tersebut memberikan kehangatan dalam sebuah persahabatan. Terlihat sekali kalau kata tersebut melambangkan ketulusan.

Seperti teh hangat yang mampu melunturkan dinginnya cuaca dingin, begitu juga ucapan terimakasih yang melunturkan dinginnya sikap seseorang. Begitu hangat, menenangkan, dan memberikan kasih sayang.

4. Terimakasih Memberi Kasih Sayang

sound icon

Hal ini juga pernah saya alami. Kalimat tersebut terucap dari ibu saya. Ketika saya sedang ngambek. Saya rasanya tidak mau berbicara dengan ibu. Ada sebuah peristiwa kecil sih yang membuat demikian.

Namun ibu tidak pernah meninggalkan saya. Beliau terus saja mendekati saya. Perlahan kehangatan kasih sayang melunturkan ego saya.

Suatu hari, ibu minta tolong kepada saya untuk mengerjakan sesuatu. Saya mengerjakannya semaksimal mungkin. Tiba-tiba ibu saya berkata, “Terimakasih.” Tanpa saya sadari, air mata ini menetes. Untung ibu saya tidak melihat, hehe. Entah kenapa, kasih sayang hangat menjalar ke dalam hati saya.

Ucapan terimakasih dari seorang sahabat juga memberikan kasih sayang. Persahabatan itu terjadi secara alami dan penuh kasih sayang. Walaupun tidak ada yang mengakuinya sih. Ucapan terimakasih itu mampu memberikan hal tersebut.

Ehm, kata teman saya yang playboy, dia sering banget mengucapkan “terimakasih” untuk mengelabui wanita. EIts, jangan lakukan ya! Seorang laki-laki itu harus setia kepada cintanya.

5. Terimakasih Mematahkan Kegalauan.

sound icon

Seperti keadaan saya, ketika merasa jenuh pada pekerjaan. Berarti saya sedang galau dong. Mau lanjut atau tidak. Itu seperti hati saya bergejolak dan berteriak, “Galauuu.” Tapi dari ucapan, “Terimakasih”, dari anak kecil mampu mematahkan kegalauan yang ada dalam hati saya.

Mungkin kamu melihat seseorang yang sedang galau. Jangan malas mengucapkan terimakasih atas jerih payahnya. Sebuah kata sederhana dari kamu mampu melunturkan semua kegalauan yang ada dalam hatinya.

Tapi kalau seseorang itu galau karena kekasihnya mencampakkannya, ucapan terimakasih mah tidak berpengaruh, hehe.