Jadilah Pribadi Suri Teladan untuk Anak, Contoh Teladan

Jika anak memiliki sifat yang kurang berkenan dalam hati, nggak apa-apa sih diberi dimarahi dan diberi nasihat. Tapi sebaiknya jangan hanya berfokus kepada marah dan nasihat saja. Karena sebenarnya, anak itu kurang suka akan hal tersebut.

Ya …, sebenarnya kita juga demikian. Kita juga waktu kecil dulu, ketika orang tua marah dan memberikan nasihat, tiba-tiba saja tuh pipi gembung, bibir ditekan masuk ke dalam, kelihatan sekali kalau sedang cemberut.

Nah, begitu juga dengan anak-anak sekarang. Tidak ada bedanya dengan anak-anak dahulu. Jadi, sebaiknya, anak-anak itu diberikan contoh yang lebih baik. Jika menjadi orang tua, jadilah orang tua yang menjadi contoh untuk anak-anaknya. Mau tidak mau, jadilah orang tua yang teladan.

Banyak dari kita yang tidak bisa menjadi contoh untuk anak-anaknya. Ingin anaknya rajin belajar, tapi si orang tua malas belajar. Ingin anaknya rajin ibadah, tapi si orang tua malas beribadah. Ketika terlihat si anak malas ibadah, si orang tua marah-marah dan memberikan nasihat ribuan kata mutiara. Tapi, nyatanya si orang tua juga malas beribadah.

Anak itu adalah peniru yang ulung. Sejak dia dilahirkan di dunia ini, dia sudah meniru orang terdekatnya. Dalam hal ini adalah orang tua. Si anak mulai melihat kebiasaan orang tua, bahkan kebiasan kecil sekalipun. Tidak ada satupun kebiasaan orang tua yang tidak dicontoh oleh anak.

Maka tidak heran banyak kita lihat, sifat orang tua menurun ke anaknya. Karena memang si anak meniru setiap sifat orang tuanya. Kalau dilihat sifat anak tidak menurun dari orang tuanya, berarti kelihatan kalau si anak jarang dekat orang tuanya.

Coba deh perhatikan dengan diri kita. Kebanyakan sifat yang kita miliki itu adalah turunan dari orang tua. Kita berusaha meniru sifat orang tua, sehingga jadilah menjadi pribadi sekarang ini. Kalau ada sifat yang berubah, itu karena pikiran yang berubah seiring dengan bertambahnya dewasa. Memang, ketika bertambahnya kedewasaan, maka pikiran semakin terbuka. Mulai deh memperhatikan dan meniru sifat yang sesuai perkembangan zaman. Tapi itu hanya sedikit. Kebanyakan masih melekat sifat orang tua.

Kesimpulannya, jadilah orang tua suri teladan bagi anak-anaknya. Berikan contoh positif untuk si anak. Tidak masalah si anak dimarahin dan dinasihati. Tidak selamanya juga si anak menjadi anak baik. Ada masanya si anak membuat kesalahan. Namanya manusia, tidak luput dari salah. Tapi jangan lupa untuk menjadi pribadi yang lebih baik, bagi anak.

Jika ingin si anak rajin belajar, maka jadilah pribadi yang rajin belajar. Jika ingin anak si anak rajin ibadah, jadilah pribadi yang rajin ibadah. Jika ingin si anak yang rajin menolong, jadilah pribadi yang menolong orang lain.

Mungkin anak sulit mendengarkan nasihat orang tuanya. Tapi anak ahli dalam meniru orang tuanya.