Hati-Hati! Ibu Jari Bisa Meradang Jika Keseringan Bermain Smartphone

Bermain smartphone memang mengasyikkan, baik itu bermain game atau chatting ringan saja. Apa lagi chatting sama gebetan, uhuy, nggak bakal lelah itu. Sudah kehabisan kata pun tetap saja dilanjutkan.

Tapi tahukah kita selama ini? Kalau ternyata bermain smartphone terlalu lama bisa membuat ibu jari meradang? Sebenarnya bukan hanya ibu jari saja sih. Cuman ya … kebanyakan kita menggunakan ibu jari saat bermain smartphone.

Coba deh perhatikan kembali. Dikala bermain game, apalagi tuh game MOBA, RPG, Battle Royale Game, jari apa yang sering digunakan? Kebanyakan akan menggunakan ibu jari. Permasalahan di sini, jari yang lain digunakan untuk apa? Kebanyakan tuh nganggur tidak digunain.

Hal inilah yang menjadi kesalahan pertama kita. Di saat kita hanya fokus menggunakan satu jari saja, dan itu dalam waktu yang lama. Ini terkhusus waktu yang lama. Kalau hanya sebentar saja bermain smartphone sih tidak masalah. Maka akan membuat ibu jadi akan meradang.

Jadi nih ceritanya, jari itu seharusnya seluruhnya dibuat bekerja. Misalnya, ketika kita akan memasak, jari apa yang digunakan? Hampir seluruh jari yang digunakan. Kenapa dengan satu jari saja? Ketika satu jari saja, maka seluruh tenaga akan terpusat di satu titik saja.

Gambaran sederhananya seperti ini. Ketika kita sedang belajar keras. Belajar hanya satu mata pelajaran saja nih. Maka lebih melelahkan, belajar satu mata pelajaran saja atau beberapa mata pelajaran. Akan sangat melelahkan belajar satu mata pelajaran, karena fokus pikiran hanya satu titik.

Sehingga, tendon yang ada pada ibu jari kelelahan dan parahnya, kita memaksakan tendon jari yang kelelahan tersebut. Ketagihan mampu membuat rasa sakit menjadi hilang, kita harus ingat itu. Kita ketagihan bermain game, rasa sakit mata yang diakibatkan oleh layar televisi atau smartphone tidak akan terasa.

Karena tendon semakin kelelahan, akhirnya bisa dikatakan tendon tersebut robek. Bahkan ada beberapa kasus di negeri seberang sana, ibu jarinya tidak bisa lagi digerakkan. Posisi ibu jarinya kaku persis ketika saat dia bermain game.

Bahkan nih ya, jika lebih parah akan terkena penyakit “Trapeziometacarpal Osteoarthritis”. Trapeziometacarpal Osteoarthritis adalah infeksi sendi dan tulang akibat proses pengapuran dalam hal ini berada pada ibu jari. Berbeda dengan Osteoporosis yang merupakan pengeroposan hampir di seluruh sendi tubuh.  Gejala yang ditimbulkan biasanya kesulitan berjalan, cepat lelah, kesulitan untuk jongkok, dan mudah terjatuh. Timbul juga nyeri yang menyebabkan keterbatasan gerak, ketergantungan kepada obat dan orang lain, bahkan depresi. Wah … mengerikan juga ya. Setidaknya itulah gambaran singkat dari Trapeziometacarpal Osteoarthritis.

Pertanyaannya, maukah kita terkena Trapeziometacarpal Osteoarthritis atau lebih ringan dulu deh, ibu jari meradang? Siapapun tidak mau akan hal tersebut. Jadi, jangan terlalu banyak bermain smartphone ya. Batasin diri kita. Jangan terlalu fokus pada dunia maya, itu hanyalah dunia semu. Ada dunia nyata, kenyataan dimana kita hidup dan dimana kita memperbaiki dari menjadi lebih baik.

Referensi:

  • Fernando Canillas, Alvaro Colino, and Pablo Menéndez. 2014. “Cellular Phone Overuse as A Cause for Trapeziometacarpal Osteoarthritis: A Two Case Report.” Journal of Orthopaedic Case Reports 4(4): 6-8.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here