Apa Yang Harus Dilakukan Jika Saya Terkena Writer’s Block?

Apa itu writer’s block? Secara singkat writer’s block adalah tiba-tiba otak hang saat sedang asyik menulis. Hehe singkatnya begini. Anda sudah ada ide untuk menulis. Anda pun mulai menulis kata demi kata hingga membentuk satu BAB. BAB I sampai BAB X Anda telah selesaikan. Nah … pada saat BAB XI Anda tiba-tiba berhenti, tidak tahu apa yang harus ditulis lagi. Itu yang namanya writer’s block. Nah … jika terjadi seperti itu apa yang harus Anda lakukan?

Apa yang harus dilakukan ya? Secara sudah hang. Otak sudah melebihi kapasitas hehe. Hey tunggu dulu, caranya ya … otak perlu direfresh dong.

Bagaimana caranya?

Caranya dengan….

1. Keluar Rumah Untuk Mengganti Suasana Baru

Jika Anda menulis di dalam rumah, apalagi di dalam kamar. Saya tahu, jika ketenangan membuat kita menulis lebih aktif. Maunya kalau sudah menulis jangan ada gangguan. Tapi jika sudah terkena writer’s block, sebaiknya cobalah pergi ke luar menenangkan diri.

Tenang saja, tidak ada salahnya kok dan imajinasi Anda tidak akan menghilang. Anda hanya butuh suasana baru untuk menyegarkan otak.

2. Pergi Refreshing Ke Suatu Tempat Kayaknya Ok Bangat Tuh

Iyap benar sekali. Tidak ada salahnya pergi ke suatu tempat wisata misalnya. Lupakan masalah nulis. Lupakan karakter atau tempat yang Anda buat. Lupakan semuanya. Kini saatnya Anda bersenang-senang dulu.

Hal tersebut berguna untuk membuat otak semakin segar. Istilah kampungnya refresh otak. Kesenangan sangat Anda butuhkan. Ketahuilah, selama Anda menulis otak semakin bekerja keras. Meskipun Anda senang menulis, tapi otak terpaksa bekerja keras. Makanya perlu di refresh.

3. Bermain Bersama Keluarga, Kenapa Tidak

Jika Anda seorang bapak atau ibu. Tidak ada salahnya bermain bersama suami/istri atau mungkin anak. Mungkin Anda lupa sama mereka selama ini. Anda hanya bermain dengan tulisan Anda. Maka tidak ada salahnya bermain bersama keluarga.

Bermain bersama keluarga adalah cara refresh otak paling ampuh loh. Tidak ada duanya deh. Sudah terbukti di IPB dan ITB.

4. Pindah Lokasi Menulis, Bisa Bangat

Mungkin Anda selama ini menulis di kamar misalnya. Ketika Anda terkena writer’s block, cobalah untuk menulis di ruang tengah. Mungkin imajinasi Anda bakal muncul lagi deh.

Istilah kerennya carilah suasana baru. Jangan itu-itu saja suasananya. Carilah yang baru dan Anda akan mendapatkan imajinasi baru.

Well setidaknya itulah tips dari saya ketika Anda terkena writer’s block. Pengalaman saya, ketika saya terkena writer’s block, saya akan bermain bersama keluarga. Hal tersebut ampuh bangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here