Generasi Kemerdekaan di Era Digital

Merdeka …! Apa sih makna kemerdekaan itu? Tentu saja kemerdekaan era penjajahan dengan era digital berbeda banget, bahkan bisa dikatakan berbeda jauh. Perjuangan pada era penjajahan dengan era digital sudah tentu beda banget.

Pada masa penjajahan, perjuangan itu membutuhkan senjata dan strategi, bagaimana caranya mengalahkan para penjajah. Baik dengan senjata maupun politik. Jika senjata saja tidak cukup mengalahkan penjajahan, maka perlu politik yang tepat untuk membungkam mereka.

Kemerdekaan bisa diartikan dengan:

  • Kemerdekaan yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah puncak perjuangan bangsa Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan dengan darah maupun air mata.
  • Kemerdekaan dimaknai sebagai suatu kebebasan. Bangsa Indonesia menyatakan dirinya merdeka dan berhak bebas dari segala macam penindasan dan penguasaan asing. Dengan demikian, bangsa Indonesia bebas menentukan nasibnya sendiri, berdaulat dan bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara.
  • Kemerdekaan dimaknai sebagai jalan menuju masyarakat yang adil, makmur dan juga sejahtera. Kemerdekaan bukan berarti perjuangan telah selesai tetapi justru baru akan dimulai dengan tantangan yang berbeda.

Setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, setelah itu apa? Apakah perjuangan bangsa Indonesia telah selesai? Apakah kita bisa bersantai saja tanpa perlu memikirkan apa yang terjadi ke depan? Apakah kita tidak perlu memikirkan bangsa Indonesia berpuluh-puluh tahun ke depan, terutama bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, militer, dll?

Tentu saja banyak sekali PR yang harus diselesaikan. Indonesia adalah negara berkembang. Masih berkembang loh ya. Mengembangkan kekuatan ekonomi, pendidikan, kesehatan, militer, dll.


Kalau sebelum era digital, perekonomian didominasi oleh bisnis ritel. Sekarang, era digital ini, perekonomian mengarah ke startup.


Apa itu Startup?

startup

Pada dasarnya startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi. Karena itu, startup sering disebut sebagai perusahaan rintisan. Namun sekitar tahun 2000-an sejak masa industri ‘dot-com’ populer, pergeseran makna ‘startup’ di dunia bisnis mengalami pergeseran arti.

Kalau dulu startup disebut bisnis yang baru saja berjalan, tapi era digital ini arti bisnis startup sudah tidak dimaksud dan didefinisikan dengan maksud tersebut. Di Era digital, definisi arti dari startup merupakan usaha yang baru berjalan dan menerapkan inovasi teknologi menjalankan bisnisnya dan memecahkan masalah masyarakat. Sehingga memiliki sifat ‘disruptive’ di dalam sebuah pasar/industri yang sudah ada atau bahkan menciptakan sebuah industri baru.


Apakah Startup Menjanjikan?

SOFTWARE

Iya dong, startup itu menjanjikan. Siapa yang berani bilang startup itu tidak menjanjikan. Apalagi masyarakat Indonesia perlahan mulai beralih dari offline menuju online.

Kalau dilihat-lihat akhir-akhir ini, mulai banyak toko offline yang tutup. Atau untuk menutup kekurangan toko offline, akhirnya menyerah dan membuka toko online.

Jadi, startup itu menjanjikan. Walaupun, persaingan di bidang startup ini begitu mengerikan. Iya sih, namanya bisnis penuh persaingan mengerikan. Kalau selamat melewati persaingan tersebut, maka akan didapat kesuksesan yang tiada tara.

Namun memang, kalau gagal lain cerita sih, hehe.

Yang penting, kalau gagal jangan menyerah. Cari tahu penyebab kegagalan, belajar dari kesalahan, dan mulai lagi sesuatu yang baru. Pasti ada pelajaran berharga dari sebuah kegagalan.

Mungkin kita semua sudah tahu. Perusahaan besar zaman penjajahan dulu, VOC yang nilai keuntungannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Hancur hanya kegagalan sepele, korupsi.

Pelajaran berharganya, untuk menghindari kegagalan yang sama, sebaiknya jangan biarkan korupsi bergerak. Pantau terus tukang korup dan jangan dikasih kendor para pelaku korupsi.


Kalau Mau Kepo, ini Nih Video Perkembangan Startup Indonesia Tahun 2017 dari Tech in Asia


Sudah Tahu Moladin Belum?

moladin

Nah, salah satu startup itu adalah Moladin. Jadi apa itu Moladin? Singkatnya Moladin itu aplikasi diperuntukkan bagi pengendara sepeda motor. Di moladin Anda dapat bertanya apapun yang berhubungan dengan sepeda motor. Cari perlengkapan sepeda motor juga ada, pokoknya lengkap banget deh.

Oh ya, Moladin juga bisa mengajukan kredit sepeda motor. Caranya gampang banget kok, iya gampang. Caranya yaitu:

  • Pertama tuh untuk mengajukan kredit, tinggal klik tombol “Ajukan Kredit”.
  • Setelah mengklik tombol Ajukan Kredit, maka tim Moladin akan bergerak cepat, secepat kilat untuk menghubungi Anda dan segera melakukan survey.
  • Setelah data yang dibutuhkan sudah lengkap dan sesuai, maka tim Moladin akan menjadwalkan kedatangan surveyor ke tempat Anda berdasarkan jadwal yang cocok dong.
  • Setelah permintaan kredit sudah disetujui, maka sepeda motor akan meluncur ke tempat Anda dan siap untuk digunakan. Plat nomor akan dikirim setelahnya.

Gampang banget kan? Iya dong gampang banget. Tinggal cap cis cus, jadi deh dapat sepeda motor. Tapi … Walau gampang, jangan sampai telah membayar ya. Demi kenyamanan bersama. 🙂

Oh ya, tentu saja ada dokumen yang harus disiapkan dong dalam proses pengajuan kredit. Hihihi, dokumen apa saja itu? Perhatikan baik-baik:

  • KTP asli dari pemohon dan pasangan atau penjamin.
  • Kartu Keluarga (KK) yang asli.
  • Bukti penghasilan (Slip gaji/Buku tabungan/Surat keterangan usaha).
  • Bukti kepemilikan rumah – Rekening listrik/air atau PBB

Penutup

Perjuangan belum usai, kita tidak boleh bermalas-malasan tanpa melakukan apa-apa. Masih banyak yang harus dibenahi. Walau usia masih muda, jangan menyerah untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Mungkin, kita bukan lagi berjuang lewat senjata, namun kita berjuang yang kekuatanya lebih kuat daripada senjata, yaitu digital.

Ketika kita berhasil menaklukkan digital, maka itu memberikan pengaruh yang sangat besar bagi bangsa Indonesia.


Era digital, marilah kita berlomba-lomba menaklukkan digital untuk hidup lebih baik ratusan tahun kemudian.


Referensi

  • Brainly.co.id
  • Id.Techinasia.com
  • Moladin.com

Disclaimer

Blog post ini diikustsertakan dalam Kompetisi Blog Special HUT RI 73th dari Moladin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here