Coba Dulu Bolt si Cepat dan Stabil

Amru.id

Singkat cerita, saya ingin mengganti smartphone lama saya, karena spesifikasi tidak mumpuni lagi. Rasanya malas saja gitu melihat smartphone yang lemot banget karena memory internal yang gampang penuh.

Pergilah ke pusat perbelanjaan. Lihat sana lihat sini. Awalnya sih ingin melihat smartphone eh sedikit melenceng dengan melihat makanan dulu. Coba makanan yang belum pernah dicoba, lalu review singkat ala chef ternama gitu. Padahal yang dengarin juga nggak ada. Nggak penting juga sih saya melakukan itu.

Setelah beberapa jam bolak balik, itupun sudah mengumpulkan tenaga agar tidak tergoda lagi dengan makanan, akhirnya terpilihlah satu smartphone yang bikin cakep. Menurut spesifikasi sih lumayan bertenaga tuh.

Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625, GPU Adreno 506, RAM 4 GB, dan Memori Internal 64 GB.

smartphone

Smartphone sudah cakep. Setelah itu apa? Nggak mungkin dong menggunakan smartphone hanya telepon atau sms doang. Zaman sekarang ini masih ada nggak ya orang menggunakan sms?

Saatnya mengisi paket data. Lalu download aplikasi dan game keren di Play Store. Setelah itu apa? Coba deh satu per satu aplikasi tersebut. 😀

Termasuk game nih. Saya nih termasuk maniak game. Sehari saja tidak bermain game rasanya tuh gatal banget jari. Salah satu alasan beberapa waktu lalu mengganti smartphone karena tidak bisa bermain game.

Bermain game offline sepertinya bukan hal yang menyenangkan di smartphone. Mulai deh mencoba game online. Saatnya bermain Vainglory. Awalnya sih  kalau hanya sinyal 3G saja sudah cukup. Ternyata tidak demikian.

Ketika saya bermain game menggunakan sinyal 3G, game berjalan patah-patah. Lagi asyiknya bermain, tiba-tiba terjadi lag. Ingin rasanya berteriak kuat sekali, hehe. Tapi teriakannya di dalam hati. 🙂

Dicari salah satu penyebabnya, ternyata oh ternyata, memang jaringan yang kencang dan stabil itu perlu banget. Karena saya pernah mencoba ganti provider yang katanya jaringan cepat. Jaringan memang cepat tapi tidak stabil. Alhasil gamenya pun jadi patah-patah juga.


Coba Mifi Bolt

bolt

Akhirnya, setelah searching sana-sini dan kebetulan nemu Bolt di Mall, coba deh tanya-tanya dan entah kenapa akhirnya jatuh cinta deh. Beli Mifi Bolt dan memilih paket internet.


Paket Unlimited

paket unlimited bolt

Internet Unlimited BOLT sangat menggoda. Alasan kenapa menggoda karena tidak ada FUP. Wow, ini sesuatu banget nih. Bagi saya yang termasuk pengguna internet non-stop, unlimited dan tidak ada FUP, wah … menggoda banget.

Untuk biaya perbulan bisa pilih-pilih sesuai selera dan ehm sesuatu kantong juga. Tenang saja, ternyata tidak mahal-mahal amat. Bisa dikatakan terjangkau. Termasuk untuk kalangan mahasiswa macam saya.

Biaya termurah hanya Rp 90.000 perbulan dan termahal Rp. 363.000 per bulan. Belum lagi kecepatan download dan upload, hoho begitu menggoda. Untuk biaya termurah dulu, yang Rp 90.000 per bulan, kecepatan download/upload mencapai 3 Mbps/1 Mbps dan sepanjang saya menggunakannya jaringannya stabil.

Akhirnya yang ingin main game saja, kegiatan mulai dialihkan. Mulai deh streaming YouTube dan streaming drama Korea. Tapi saya tenang, saya tidak khawatir karena paket unlimited Bolt.


Kepoin saja Internet Unlimited BOLT kalau penasaran.


Paket Regular

paket regular

Nah, kalau paket Unlimited dirasa kurang mahal gitu, haha orang kaya mah bebas. Bisa dipilih tuh yang paket regular. Tidak kalah menggoda loh dengan paket Unlimited, cuman bedanya ya … paket regular ini ada kuotanya. Yang termurah saja deh Rp 145.000. Kuota utama 10 GB, bonus streaming 10 GB dan bonus sosmed 10 GB.

Tapi yang makin menggiurkan ini yaitu: kecepatan download/upload sebesar 200 Mbps/100 Mbps. Pemirsa, bisa dibayangkan kecepatannya? Cepat banget pemirsa, cepat banget! Hahaha lebay amat.


Booster

booster

Booster ini maksudnya tambahan kuota. Ini bisa untuk paket paket Regular. Jadi kalau paket Regular habis, bisa ditambahkan dengan booster. Tenang saja, murah kok. Paling murah seharga Rp 25.000 dengan kuota 2 GB dan paling mahal seharga Rp 200.000 dengan kuota 30 GB.


Kesimpulan Menggunakan Mifi Bolt

Tagline BOLT Lebih Cepat sepertinya bukan sekadar kata saja. Ternyata bisa dibuktikan. Provider lain sih ada yang lebih cepat, tapi sepertinya yang lebih stabil mungkin Bolt, di daerah saya ya.

Jadi, selama pemakaian menggunakan Mifi Bolt saya puas banget. Nggak ada keluhan sama sekali. Eh ada satu deh keluhannya, kecepatan jaringannya terlalu kencang, hahaha. 😀


Nb: Kekurangan dari Bolt saat ini hanya bisa diakses di beberapa kota besar saja. Ketika kita berada di luar Jabodetabek atau kota besar lain yang mendukung sinyal bolt, kita tidak akan bisa menggunakannya. Ini juga yang saya alami. Ketika saya pindah keluar kota, dari Jakarta pindah ke sebuah desa di Sumatra, Bolt tidak ada gunanya.

Dan juga, dalam kecepatan download/upload yang ditampilkan adalah Mbps bukan MBps. Mbps singkatan dari Mega bits per second sedangkan MBps singkatan dari Mega Byte per second.

1 bits sama dengan 1/8 Byte. Jadi, misalkan nih kecepatannya 5,2 Mbps itu sama dengan 650 KBps. Sedangkan ketika kita mendownload adalah kecepatan MBps bukan Mbps. Sejauh saya menggunakan Bolt, kecepatan paling mentok ketika mendownload sebesar 4 MBps.

kecepatan download


Tips Lain Supaya Tidak Lag Bermain Game Online

PERALATAN SEDERHANA

Nah, selain menggunakan internet yang kencang, ada juga nih tips lain gar game tidak lag. Hehe, tips ini membutuhkan niat seratus persen siap. Tapi tidak bisa digunakan untuk kalangan siswa, mahasiswa, dan pekerja sibuk. Karena akan berbahaya bagi mereka.

Tips lainnya yaitu bermain ketika pagi hari, benaran pagi hari loh. Mulai dari pukul 00.01 pagi sampai 05.00 pagi. Dimana semua orang tidur tapi kita bermain game. Kecepatannya tuh maksimal banget.

Tapi, tips ini sangat berbahaya loh. Banyak orang menggunakan tips ini berakhir dengan masalah kesehatan. Kalau kita begadang, maka penyakit akan berdatangan. Tanpa menunggu waktu, mereka datang bersamaan. Pertama tuh flu biasa, lalu flu berat, lalu flu mesti ditangani dokter. Jadi jangan lakukan deh!

Bermain game online itu untuk hiburan semata. Jangan sampai ketagihan bermain. Kalau sampai ketagihan tuh namanya tidak sehat. Kalau mau jadi pro gamer tidak begitu juga caranya.


Referensi

  • Bolt.id
  • Cnnindonesia.com
  • Gsmarena.com

Disclaimer

Blog post ini diikustsertakan dalam Lomba Blog Internet Unlimited BOLT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here