Cara Merawat Landak Mini

Landak mini (Hedgehog) adalah hewan yang sangat pemalu tapi menggemaskan. Tak heran bila popularitasnya sebagai hewan peliharaan meningkat dalam beberapa tahun ini

Sebagai pemelihara tentu kita harus tahu cara merawat landak mini yang baik dan benar. Untungnya tidak terlalu sulit untuk merawat landak mini

1. Makanan dan Minuman

Landak mini merupakan hewan pemakan serangga (insektivora) sehingga membutuhkan makanan yang berprotein tinggi namun rendah lemak.

Di Indonesia belum ada pakan khusus untuk landak mini, namun kita dapat menggunakan makanan petshop seperti catfood atay dogfood sebagai makanan utamanya.

Pilihlah catfood atau dogfood yang memiliki aroma amis yang cukup tinggi. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan nafsu makan landak mini.

Masalah minuman sama minuman yang diminum manusia berupa air masak diletakkan di tempat minumnya.

2. Makanan Selingan

Landak mini sebagai peliharaan pastinya tetap memerlukan makanan tambahan sebagai pembentuk tubuhnya. Saya sarankan agar memberikan makanan selingan berupa ulat hongkong atau jangkrik. Namun serangganya dalam keadaan hidup-hidup diberikan kepada landak mini.

3. Pantangan

landak mini sama halnya dengan manusia mempunyai pantangan-pantangan dalam makanan.

Landak mini tidak tahan terhadap laktosa, sehingga sangat dilarang memberikan susu dan coklat. Memakan makanan tersebut dapat membuat landak sakit bahkan kematian.

Buah yang tingkat keasamannya tinggi seperti alpukat, kismis dan jeruk dapat mengganggu pencernaannya.

4. Kandang dan Serbuk Kayu

Akuarium, kotak kayu atau kandang kucing dan anjing bisa digunakan sebagai kandang bagi landak mini. Luas kandang harus diperhatikan agar dapat memfasilitasi landak dapat beraktivitas

Nb: Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang!

Ketika kandang sudah disiapkan saatnya mengisi kandang dengan beberapa item seperti serbuk kayu. Ingat serbuk bertujuan untuk menyerap bau kotoran yang dikeluarkan oleh landak mini dan membuat landak mini berasa hangat. Gantilah serbuk kayu seminggu sekali atau jika sudah mulai tercium aroma tak sedap.

5. Hiding Box

Hiding Box  bertujuan untuk keluar masuknya landak mini dan sekaligus tempat bersembunyi atau tidurnya landak. Kamu bisa menggunakan kotak sepatu, kotak kayu, pipa paralon PVC yang telah dibentuk ataupun membeli secara online.

Landak mini bersifat hewan nocturnal sehingga aktif di malam hari, di siang harinya mereka akan tidur di hiding box yang gelap

6. Mainan

Kamu bisa meletakkan spinning wheel (roda berputar) yang biasa digunakan untuk hamster di dalam kandang landak mini. Dengan berlari di roda ini, landak mini akan terjaga kesehatan fisiknya.

7. Mandi

Landak mini juga mandi seperti manusia supaya menghilangkan bau badannya. Usahakan mandikan 3 hari sekali mandi.