Cara Menulis Kesimpulan dan Saran pada Skripsi

Nah di akhir penulisan skripsi, yaitu BAB V maka diharuskan untuk menulis kesimpulan dan saran. Kalau bagi yang sudah terbiasa menulis sih, menulis kesimpulan dan saran itu gampang banget. Tapi ada beberapa mahasiswa yang kebingungan nih cara menulis kesimpulan dan saran pada skripsi.

Bagaimana cara menulis kesimpulan dan saran? Hal yang perlu diingat dalam menulis kesimpulan dan saran pada skripsi, bukan sekadar dua atau tiga kalimat saja. Perlu beberapa kalimat yang digunakan untuk membuat kesimpulan.

Kesalahan pada mahasiswa umumnya, penulisan kesimpulan hanya beberapa kalimat saja. Misal, “Silikon sebagai penghantar listrik.” Kalau kesimpulan hanya itu saja, tentu salah. Dicantumkan juga dong hasil penelitian.

Cara Menulis Kesimpulan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penulisan kesimpulan bukan hanya sekadar satu atau dua kalimat saja. Jadi, bagian dari kesimpulan yakni:

  • Kesimpulan.
  • Hasil penelitian.

Nah, misal pada penulisan kesimpulan yang salah, “Silikon sebagai penghantar listrik.” Itu hanya sebagai kesimpulan saja. Nah, perlu dicantumkan lagi hasil penelitian. Kesimpulan menjadi, “Silikon penghantar panas. Daya konduktivitas silikon 0,4 V, cyclic voltammetry silikon -0,72 V.

Cara Menulis Saran

Nah pada bagian saran, buatlah saran. Kesalahan umumnya, jangan buat saran sembarangan. Misal, “Kalau penelitian harus pakai baju lab.” Ini tidak benar. Penulisan saran seharusnya:

  • Buat tahapan penelitian yang dilakukan selanjutnya.
  • Buat perkembangan penelitian selanjutnya.
  • Buat saran yang dilakukan untuk penelitian lebih baik.

Jadi penulisan saran selanjutnya yakni, “Pembuatan silikon sebagai penghantar listrik sebaiknya dilakukan dengan nanosilikon.” Jadi ini bisa dilakukan pada penelitian selanjutnya. Atau untuk saran, “Pembuatan silikon sebaiknya digunakan garam KCl.