Bagaimana Kulit Bisa Merasakan gatal pada Tubuh?

Ternyata, kulit bisa merasakan gatal masih menjadi misteri. Karena selama ini, sensasi gatal yang diterima oleh kulit akan diteruskan ke sumsum tulang belakang. Namun hanya sampai berhenti di situ saja. Apakah hanya sensasi tersebut diteruskan ke sumsum tulang belakang?

Hipotesis lebih lanjut adalah sensasi gatal yang diterima dari kulit dikirim ke sumsum tulang belakang dan dari sumsum tulang belakang tersebut akan dikirim ke otak. Untuk mengetahui hal tersebut, digunakanlah Neurotransmitter Neuropeptide Y (NPY), bertujuan penghambat sinyal dari sumsum tulang belakang yang dikirim ke otak.

Dari hasil yang didapat, sensasi gatal tidak dirasakan ketika mengkonsumsi NPY. Namun bagi yang tidak mengkonsumsi akan merasakan NPY.

NPY ini menghambat sinyal yang dikirim dari sumsum tulang belakang menuju otak. Hal ini memperlihatkan bahwa sensasi gatal yang dirasa dikulit akan dikirim ke sumsum tulang belakang. Lalu, setelah dari sumsum tulang belakang akan dikirim ke otak untuk diproses.

Referensi:
David Acton, Xiangyu Ren, Stefania Di Costanzo, Antoine Dalet, Steeve Bourane, Ilaria Bertocchi, Carola Eva, Martyn Goulding. 2019. Spinal Neuropeptide Y1 Receptor-Expressing Neurons Form an Essential Excitatory Pathway for Mechanical Itch. Cell Reports, 28 (3): 625 DOI: 10.1016/J.CELREP.2019.06.033