Aspirin Membantu Membersihkan Udara di Paru-Paru

Aspirin (asam asetilsalsilat) adalah obat turunan dari salsilat yang sering digunakan sebagai analgesic, antispiretik, dan anti-inflamasi. Aspirin dalam dosis rendah juga digunakan untuk mencegah serangan jantung.

Namun dalam penelitian terbaru, aspirin ternyata mampu membersihkan udara dalam paru-paru. Paru-paru yang awalnya kotor akibat banyaknya partikel karbon, mungkin dari asap kendaraan, rokok, maupun polutan lainnya dibersihkan oleh aspirin tersebut.

Penelitian tersebut dilakukan pada 2000 tentara di Boston untuk mempelajari paru-paru. Rata-rata umur pastisipan sekitar 73 tahun. Yang tentunya diketahui bahwa paru-paru partisipan sudah hitam diakibatkan oleh partikel carbon.

Di antara 2000 partisipan tersebut, diantaranya ada yang merupakan perokok, ada juga tidak. Jadi pastisipan dipilih secara acak. Setiap bulan dilakukan tes terhadap kondisi paru-paru di setiap partisipan.

Ditemukan bahwa 2000 partisipan yang mengkonsumsi aspirin memperlihatkan paru-parunya bersih oleh partikel karbon.

Selain aspirin, ternyata vitamin B juga mampu membersihkan polusi carbon di paru-paru.

Referensi:
Xu Gao, Brent Coull, Xihong Lin, Pantel Vokonas, Joel Schwartz, Andrea A Baccarelli. 2019. Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs Modify the Effect of Short-Term Air Pollution on Lung Function. American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine; DOI: 10.1164/rccm.201905-1003LE